Create Vm Fortigate 5.6.1 di VmWare Workstation


Halo gays bertemu lagi sama saya, ok kali ini saya akan share materi baru lagi yaitu Fortigate. Ok kali ini kita akan membuat Vm Fortigate atau Create new Vm Fortigate 5.6.1 di Vm Ware Workstation dan di materi sebelumnnya itu hanya Pengertian dan Pengenalan Fortigate kenapa harus Pengenalan dulu karna jika kita tidak tahu dasarnya apa sih kegunaan dari fortigate ini? terus dari mana sih adanya fortigate ini????. nah karna itu saya perkenalkan dahulu apa itu Fortigate. klik disini

Sebelum kita mulai saya mau bercerita terlebih dahulu tentang pengalaman yang saya dapat 
ok saya mendapatkan materi ini itu dari tempat prakerin saya yang berada di surabaya . Katanya untuk materi Fortigate ini itu belum ada di sekolah manapun yang mengajarkan , setelah saya di ajarkan caranya oleh Guru Pembimbing prakerin saya dan saya ikutin saran dan caranya dan mulai saat itu saya penasaran dengan Fortigate ini hehee😆😆

Ok Kita Langsung Mulai Create new Vm Fortigate nya


1. Sebelum kita mulai kita harus punya file vmdk Vm Fortigate nya kalo gx ada ya gax bisa install hehe oh iya saya disini memakai Fortigate versi 5.6.1, ok kalo sudah punya kita masuk ke menu file yang berada di pojok kiri atas kemudian pilih open dan cari file Vmdk Vm Fortigate nya jika sudah kita open.


2. Kita Accept the terms of the license agreement. nya kemudian kita next


3. Ok disini kita kasih nama sesuai yang kita inginkan di situ saya kasih nama Fortigate-5.6-Diki kenapa memakai nama Fortigate agar mudah mengidentifikasinya dan disitu juga ada tempat menyimpan file Vmdk yang baru kita taruh sesui yang kita inginkan jika sudah kita Import


4.  ini adalah hasil dari Importnya tadi 


5. Kemudian kita Edit Virtual Setting Fortigate nya


6. Disini kita hanya ceck vMware Tools nya apakah sudah Use application jika belum kita use application dulu jika sudah kita ok


7. Kemudian kita masuk ke menu VM pilih Power kemudian Power on to Frmware di sini kita masuk ke Bios untuk setting Tanggal dan Legacy Disketnya


8. Nah sekarang kita sudah masuk, sekarang kita ubah tanggal nya ke 4 tahun kedepan dan Disketnya kita Disable kenapa tanggal nya saya ubah 4 tahun kedepan karena jika tidak di Fortigate nya nanti hanya 15 hari waktu trialnya dan jika kita ajukan tahunnya jadi kita bisa pakai sampai 4 tahun ke depan heheheee😆😆 mau lebih jelas bisa lihat gambar di bawah ini. Jika sudah selesai kita tekan F10 untuk Save Konfigurasi tadi dan kemudian kita start power nya seperti biasa



9. Nah kita sudah masuk di CLI nya Fortigate 


 10. Untuk login nya kita pakai admin tanpa password


11. Ok disini kita setting Interface nya konfigurasinya 

#config system interface
#edit port1
#set ip 192.168.88.56/255.255.255.0
#set allowaccess ping http https ssh telnet nah konfigurasi ini itu untuk access remote nya 
#end

12. Nah sekarang kita di sini mau membuat password untuk admin nya

#config system admin
#edit admin
#set password terserah yang bewarna merah itu adalah nama passwordnya kita isi sesui dengan keinginan kita hehe
#end
#execute reboot



13. Setelah proses reboot selesai kita buka Browser kita ketik ip yang tadi kita setting  dan kita akan di bawa masuk ke laman Fortigate nya, nah di sini kita di suruh memasukkan Username dan Passwordnya. Ok untuk user kita kasih admin dan passwordnya yang kita buat tadi


14. Nah kita sudah masuk di Fortigate nya heh nah untuk kolom yang bewarna mearh itu , adalah masa aktif trialnya yang kita ubah tanggal nya tadi hehe



Ok sampai di sini prosesnya hehe
 jangan lupa Share Blog ini ya ke temen temen kalian semakin kita banyak baca semakin banyak pengetahuan kita hehehe

Labels: Info Menarik, Pengertian, Tutorial

Thanks for reading Create Vm Fortigate 5.6.1 di VmWare Workstation. Please share...!

0 Comment for "Create Vm Fortigate 5.6.1 di VmWare Workstation"

Back To Top